Waktu yang tepat untuk menghafal

waktu yang tepat menghafal

Waktu yang pas untuk menghafal, menghafal merupakan kegiatan yang sangat sering dilakukan terutama oleh pelajar dan mahasiswa maupun masyarakat. Menghafal merupakan proses mengingat kembali apa yang sudah dibaca sebelumnya agar tidak lupa dikemudian hari. Seperti menghafal, kitab, menghafal rumus, menghafal lagu dan lain sebagainya. Kita sering melihat perbedaan hafalan dari setiap orang, namun pada kenyataannya kemampuan otak untuk menghafal menurut saya itu sama, hanya saja yang membedakannya adalah waktu yang digunakan untuk menghafal.

Lihat juga: 9 Cara ampuh meningkatkan percaya diri

Orang yang menghafal pada waktu-waktu yang memang pas untuk menghafal pasti hafalannya akan lebih kuat dan lebih mudah pula untuk menghafal daripada orang yang menghafal pada jam-jam sibuk dan waktu yang tidak pas. Lalu dimana waktu yang tepat untuk menghafal ? berikut ini saya paparkan beberapa waktu yang pas bagi sobat untuk menghafal.

1.Tengah malam

Pada saat waktu tengah malam merupakan waktu yang paling mujarab untuk menghafal, karena pada waktu tersebut pikiran kita sedang netral dan kosong dari segala hal dan permasalahan yang kita alami pada siang hari. Selain itu juga waktu tengah malam merupakan waktu yang sangat sepi dan hening dan tidak akan ada yang mengganggu sobat karena orang-orang pada waktu tersebut sedang pada tidur. Sebelum menghafal sempatkanlah waktu sobat untuk melaksanakan sholat tahajjud untuk lebih mendekatkan diri kepada allah swt. Selanjutnya sobat bisa menghafal dengan khusyu' jadi waktu tengah malam/waktu tahajjud adalah waktu yang pas dan efektif untuk menghafal.

2. Pagi hari

Selanjutnya pagi hari adalah pilihan yang tepat bagi sobat yang ingin menghafal, karena diwaktu pagi kondisi tubuh kita masih segar dan siap menerika hafalan. Waktu pagi juga waktu dimana pikiran kita sedang kosong dan otak masih segar sehingga mudah menerima dan menyerap hafalan dengan cepat. Sebaiknya agan menghafal setelah solat subuh karena bisanya setelah solat hafalan akan semakin cepat masuk. Selain itu manfaat lain dari menghafal di waktu pagi hari adalah membuat aktivitas kedepannya menjadi positif karena pada waktu pagi di isi pula dengan kegiatan yang positif.

3. Suasana tenang

Selain dua waktu diatas, waktu yang tepat untuk menghafal adalah pada saat suasana disekitar sedang tenang. Sama halnya dengan waktu tengah malam dan pagi hari karena pada waktu ini tidak akan ada gangguan dari orang-orang sekitar dengan aktivitas yang mereka lakukan. Nah, jika sobat menemukan waktu tenang baik itu di rumah maupun di luar rumah, maka sobat dapat memanfaatkan waktu tenang tersebut untuk menghafal karena biasanya pada waktu ini juga otak akan dengan mudah menerima hafalan dan sobat dengan mudah pula untuk berkonsentrasi pada kegiatan yang sedang sobat lakukan.

4. Selesai solat

Terakhir, waktu yang pas bagi sobat untuk menghafal adalah pada saat selesai solat. Karena pada saat kita selesai melaksanakan ibadah solat biasanya hati dan pikiran kita akan menjadi tenang, begitupun otak kita akan dengan mudah merespon apa yang kita kerjakan seperti menghafal, nah manfaatkanlah waktu-waktu selesai solat ini untuk menghafal supaya kita cepat hafal dan hafalan tersebut selalu kita ingat sepanjang waktu.

Lihat juga: 12 Cara meningkatkan konsentrasi dan fokus

Demikianlah artikel mengenai waktu yang tepat untuk menghafal, semoga apa yang saya bagikan ini dapat bermanfaat buat sobat dan semoga kita bisa menghafal dengan cepat dan tidak mudah lupa, akhir kata dari saya sekian dan terima kasih semoga bermanfaat.

Banggalah terhadap dirimu sendiri, walaupun memang tak ada yang menyukai. Kadang, mereka itu membenci karena mereka tak mampu menjadi seperti dirimu.