9 Cara ampuh meningkatkan percaya diri dalam hitungan detik

Kepercayaan diri merupakan kombinasi antara efikasi diri dan harga diri, hal ini merupakan bagian penting dari seseorang. Efikasi diri adalah perasaan internal, atau keyakinan bahwa kita dapat mencapai berbagai tugas atau tujuan sepanjang hidup. Harga diri, adalah serupa, tetapi lebih terkait dengan kepercayaan kita, umumnya kompeten dalam apa yang kita lakukan, dan bahwa kita pantas untuk menjadi bahagia dalam hidup.

Seseorang dengan kepercayaan diri umumnya suka dirinya, bersedia mengambil risiko untuk mencapai tujuan pribadi dan profesional, dan berpikir positif tentang masa depan. Seseorang yang kurang percaya diri, bagaimanapun, adalah cenderung merasa bahwa ia dapat mencapai tujuan dan dia cenderung memiliki perspektif negatif tentang dirinya. Kabar baiknya adalah bahwa kepercayaan diri adalah sesuatu yang dapat anda bangun sendiri.

meningkatkan percaya diri

Lalu bagaimana saya bisa membangun serta meningkatkan percaya diri saya ? Baiklah, ini pertanyaan yang bagus, berikut ini akan kita bahas cara meningkatkan percaya diri, silahkan simak baik-baik penjelasan berikut ini.

Cara meningkatkan rasa percaya diri


1. Mengindentifikasi pikiran negatif anda


Pikiran negatif Anda mungkin terdengar seperti ini: "Saya tidak bisa melakukan itu," "Saya pasti akan gagal", "tidak ada yang mau mendengar apa yang saya katakan". Suara hati ini pesimis dan tidak akan membantu anda meraih tujuan dan mencapai harga diri yang tinggi, untuk itu hilangkan pikiran-pikiran negatif anda tentang sesuatu yang belum terjadi, percayalah bahwa anda dapat meraih apa yang anda inginkan, hal ini akan membantu anda dalam meningkatkan kepercayaan anda.


2. Mengubah pikiran negatif anda menjadi pikiran positif


Ketika Anda memperhatikan pikiran negatif Anda, mengubah mereka menjadi pikiran positif adalah suatu hal yang harus anda lakukan. Ini mungkin mengambil bentuk afirmasi positif, seperti "Saya akan mencobanya," "Saya bisa sukses jika saya bekerja di situ," atau "orang-orang akan mendengarkan saya." Mulailah dengan hanya beberapa pikiran positif setiap hari.


3. Membentengi diri anda dari pikiran negatif


Akhirnya, pikiran positif Anda harus diberikan lebih pada "ruang otak" dari pikiran negatif Anda. Semakin Anda melawan diri berpikir negatif Anda dengan positif, maka semakin meningkatkan rasa percaya diri anda karena anda akan selalu berpikir ke arah yang positif.


4. Mempertahankan hubungan yang positif


Terhubung dengan orang-orang yang dekat dengan Anda, apakah mereka adalah keluarga atau teman-teman, untuk menjaga perspektif Anda agar tidak terganggu. Selanjutnya, anda bisa tinggal jauh dari orang-orang atau hal-hal yang membuat Anda merasa buruk.  Seseorang yang kadangkala dekat bersama Anda kadang merasa buruk, jika mereka terus-menerus membuat komentar negatif, atau mengkritik Anda.

Ketika Anda mengembangkan sikap positif Anda sendiri dan mengambil langkah-langkah untuk mencapai tujuan Anda penentang ini dapat menjadi lebih jelas. Sebisa mungkin, membatasi kontak Anda dengan mereka, sementara Anda membangun rasa percaya diri Anda. Luangkan waktu untuk berpikir tentang orang-orang dalam kehidupan Anda yang benar-benar membuat Anda merasa hebat. Membuat tujuan untuk menghabiskan lebih banyak waktu dengan orang-orang yang mendukung dan membangkitkan semangat anda adalah hal dapat membangun rasa percaya diri anda.

5. Identifikasi bakat anda


Setiap orang memiliki kelebihan terhadap sesuatu, sehingga anda dapat menemukan hal-hal di mana Anda unggul, dan kemudian fokus pada bakat Anda.  Ekspresikan diri Anda, apakah itu melalui seni, musik, menulis, atau menari. Menemukan sesuatu yang Anda nikmati dan memupuk bakat merupakan pilihan yang tepat bagi anda.

Menambahkan berbagai minat atau hobi untuk hidup Anda tidak hanya akan membuat Anda lebih percaya diri, tetapi akan meningkatkan peluang Anda untuk bertemu teman-teman yang kompatibel juga. Ketika Anda mengikuti hasrat Anda, Anda akan merasa unik, dan itu dapat membantu membangun kepercayaan diri Anda.

6. Lihat di cermin dan tersenyum


Melihat diri anda di cermin menunjukkan bahwa ekspresi wajah Anda benar-benar dapat mendorong otak Anda mengidentifikasi emosi tertentu pada diri anda.  Jadi dengan melihat di cermin dan tersenyum setiap hari, Anda mungkin merasa lebih bahagia dengan diri sendiri dan lebih percaya diri dalam jangka panjang. Ini juga akan membantu Anda merasa lebih bahagia tentang penampilan Anda, dan menerima bagaimana anda melihat.

Orang lain mungkin akan menanggapi Anda dengan baik ketika Anda tersenyum pada mereka, sehingga selain membuat diri Anda merasa lebih bahagia, Anda mungkin mendapatkan dorongan kepercayaan karena umpan balik yang Anda dapatkan dari orang lain juga.

7. Merasa nyaman dengan rasa takut


Anda mungkin berpikir bahwa orang-orang yang percaya diri tidak pernah takut. Itu tidak benar, semua orang pasti pernah takut. Mungkin ketakutan Anda berbicara di depan kelompok, memperkenalkan diri kepada seseorang yang Anda tidak tahu, atau meminta atasan Anda untuk kenaikan gaji.

Ketika Anda mampu menghadapi apa yang Anda takuti, Anda akan mendapatkan kepercayaan diri dan Anda akan merasakan dorongan yang kuat pada diri anda. Bayangkan bayi saat ia belajar berjalan. Begitu banyak kemungkinan yang menanti dirinya. Tapi dia takut bahwa dia akan jatuh saat ia mengambil langkah-langkah pertama. Ketika dia merasa nyaman dengan ketakutannya, dan mulai berjalan, senyum besar menghampiri wajahnya! Ini adalah Anda, mendorong untuk melewati ketakutan Anda juga.

8. Berhenti membandingkan diri anda dengan orang lain


Jika Anda ingin membangun rasa percaya diri Anda, maka Anda harus fokus pada peningkatan kehidupan Anda sendiri untuk lebih baik, tidak untuk membuat hidup Anda lebih seperti teman terbaik Anda, kakak Anda, atau seperti yang dimiliki selebriti yang Anda lihat di televisi. Jika Anda ingin membangun kepercayaan diri Anda, maka Anda perlu tahu bahwa akan selalu ada seseorang yang lebih cantik, lebih pintar, dan lebih kaya dari Anda, seperti akan selalu ada seseorang yang kurang menarik, kurang cerdas, dan kurang kaya dari anda dan semua itu tidak relevan bagi anda, dan apa yang relevan adalah peduli membangun dan mencapai tujuan dan impian Anda sendiri.

Anda mungkin kurang percaya diri karena Anda yakin bahwa orang lain memiliki kemampuan yang lebih baik daripada yang Anda lakukan. Namun, akhirnya itu bukanlah sebuah masalah jika Anda senang dengan standar kemampuan Anda sendiri. Jika anda senang, maka anda akan terus untuk mengembangkan kemampuan dalam minat dan bakat yang anda miliki sehingga akan membuat anda percaya diri.

Selain itu, penelitian telah menemukan bahwa menghabiskan waktu di media sosial sering mendorong orang untuk membandingkan diri dengan orang lain. Karena orang cenderung untuk mengirim hal hal dalam bentuk kesenangan saja dalam hidup mereka sehari-hari, itu bisa tampak seolah-olah kehidupan orang lain yang lebih indah daripada Anda sendiri. Hal ini mungkin tidak benar! Setiap orang memiliki pasang surut dalam hidup mereka.

9. Bangkit kembali dari kesalahan anda


Ingatlah bahwa tidak ada yang sempurna. Bahkan orang yang paling percaya diri memiliki ketidakamanan. Di beberapa titik dalam hidup kita, kita mungkin merasa kita tidak memiliki sesuatu. Itulah realitas. Belajar bahwa hidup ini penuh dengan benjolan di jalan. Dan sering kali perasaan-perasaan tidak aman datang dan pergi, tergantung di mana kita berada, dengan siapa kita, mood kita, atau bagaimana kita merasa. Dengan kata lain, mereka tidak konstan. Jika Anda telah membuat kesalahan, hal terbaik yang dapat Anda lakukan adalah untuk mengenalinya, meminta maaf, dan membuat rencana  untuk menghindari itu di masa depan. Jangan biarkan satu putaran yang salah membuat Anda berpikir Anda tidak memiliki apa yang diperlukan untuk mencapai impian Anda, teruslah memperbaiki setiap kesalahan anda karena dengan itu anda akan termotivasi dan membangun kepercayaan diri anda.

Lihat juga: 12 cara meningkatkan konsentrasi dan fokus

Nah, itulah 9 cara yang dapat anda lakukan untuk meningkatkan percaya diri dalam diri anda, ingat bahwa memiliki rasa percaya diri yang tinggi juga jalan dalam membangun dan mengembangkan pontensi dalam diri anda. Demikian uraian artikel singkat pada kesempatan kali ini, silahkan anda terapkan dan semoga bermanfaat.

Banggalah terhadap dirimu sendiri, walaupun memang tak ada yang menyukai. Kadang, mereka itu membenci karena mereka tak mampu menjadi seperti dirimu.