Hikmah dan manfaat tadarus al qur'an di bulan ramadhan

Hikmah dan manfaat tadarus al qur'an di bulan ramadhan - Bulan ramadhan adalah bulan di turunkannya al qur'an sebagai petunjuk bagi umat manusia, karena itu ramadhan merupakan bulannya al qur'an. Membaca al qur'an merupakan sebuah kewajiban dan kebutuhan bagi umat muslim karena al qur'an merupakan kitab suci bagi umat islam yang mana di dalamnya terdapat berbagai petunjuk kehidupan seperti beribadah kepada allah, mengatur hubungan manusia, muamalah, ekonomi, ilmu pengetahuan, pasangan, kisah teladan dari para rasul, kehidupan akhirat, dan masih banyak lagi isi kandungan dari al qur'an. Serta al qur'an merupakan mukjizat terbesar nabi muhammad saw.

hikmah dan manfaat tadarus al quran

Dengan membaca al qur'an banyak sekali manfaat dan ketenangan yang kita rasakan, di kala hati sedang gundah maka kembalilah pada al qur'an dan mengingat allah maka insyaallah hati kita akan tenang. Pada bulan ramadhan, membaca al qur'an setelah selesai melaksanakan ibadah solat tarawih biasa kita kenal dengan tadarus al qur'an.

Tadarus al qur'an pada bulan ramadhan merupakan kegiatan yang luar biasa karena pada bulan ramadhan semua amal ibadah kita dilipat gandakan oleh allah swt termasuk membaca al qur,an. Selain membaca kita juga mengusahakan untuk memahami isi dari al qur'an tersebut sehingga kita bisa mengaplikasikannya bagi kehidupan kita dan disitulah kita bisa mendapatkan berbagai hikmah dari membaca al qur'an. Berikut ini beberapa hikmah dan manfaat tadarus al qur'an.

Hikmah dan manfaat tadarus al qur'an


1. Mendapatkan pahala berlipat ganda


Melakukan suatu ibadah pada bulan ramadhan akan mendapatkan balasan berupa pahala yang berlipat ganda karena memang pada bulan ramadhan adalah bulan suci yang penuh dengan kemuliaan, dimana setan setan di belenggu, pintu-pintu neraka di tutup dan pintu-pintu surga di buka. Tadarus al qur'an pada bulan suci ramadhan akan mendatangkan banyak pahala berlipat ganda buat orang yang melaksanakan ibadah tersebut. Hal ini bisa sebagai motivasi bagi kita untuk terus membaca al qur'an dan membiasakan diri kita walaupun nantinya kita akan berpisah dengan bulan ramadhan tapi kita tetap konsisten dalam melaksanakan ibadah yang telah kita lakukan pada bulan ramdhan.

2. Allah mengangkat derajat orang yang membaca al qur'an


Hikmah yang kita dapatkan selanjutnya dari tadarus al qur'an adalah allah akan mengangkat derajat orang orang yang sering beribadah membaca, mempelajari, dan mengamalkan isi kandungan al qur'an. Sebagaimana hadis rasulullah saw yang diriwayatkan oleh imam bukhari.

" Sesungguhnya allah mengangkat derajat suatu kaum dengan kitab al qur'an dan allah merendahkan kaum lainnya ( yang tidak mau membaca, mempelajari, dan mengamalkan al qur'an)" (HR. Bukhari).

Orang yang membaca, memahami, mempelajari, dan mengamalkan al qur'an merupakan orang orang yang tentunya dekat dengan allah sehingga allah mengangkat derajat orang orang yang sering membaca al qur'an.

3. Mendapatkan ketenangan hati dan jiwa


Membaca al qur'an akan mengantarkan kita kepada ketenangan hati, jiwa, dan pikiran karena al qur'an merupakan as syifa yaitu sebagai obat. Segala permasalahan yang kita alami, sakit hati, jiwa, dan pikiran, namun setelah membaca dan memaknai al qur'an maka kita akan menjadi tenang dalam menghadapi permasalahan dan lebih mudah untuk mendapatkan solusi.

Sebagaimana firman allah swt dalam al qur'an surah al isra' ayat 82 yang artinya:
"Dan kami turunkan dari al qur'an suatu yang menjadi penawar dan rahmat bagi orang-orang yang beriman dan al qur'an itu tidaklah menambah kepada orang-orang yang zalim selain kerugian" (Q.S al isra:82).

4. Jauh dari godaan setan


Tadarus al qur'an pada bulan ramadhan akan semakin memantapkan jiwa dalam beribadah kepada allah swt. Serta dijauhkan dari godaan setan. Karena hal tersebut tidak disukai setan, untuk itu setan akan sulit membisikkan hal hal yang membuat kita terjerumus pada dosa karena hati dan pikiran kita sudah tenang dan dibekali dengan ayat ayat suci al qur'an sehingga setan jauh dengan kita.

Orang yang jarang beribadah kepada allah tentu hatinya akan merasa tidak menentu dan akan dengan mudah digoda oleh setan, untuk itu marilah kita perbanyak amal ibadah termasuk dengan membaca al qur'an.

5. Dapat menjadi syafaat (pertolongan)


Dengan sering membaca al qur'an maka al qur'an dapat menjadi syafaat dan penolong bagi kita kelak di akhirat. Sebagaimana hadis rasulullah saw yang diriwayatkan oleh imam muslim yang berbunyi "Bacalah al qur'an oleh kamu sekalian, karena bacaan al qur'an yang dibaca ketika hidup di dunia ini, akan menjadi syafaat bagi para pembacanya di hari kiamat nanti".

Untuk itu selagi kita masih bisa bernapas, maka perbanyaklah membaca al qur'an karena ia adalah penolong bagi kita kelak di hari akhir.

Demikianlah beberapa hikmah dan manfaat tadarus al qur'an di bulan ramadhan, semoga apa yang kita baca dapat bermanfaat, sekian dan terima kasih.

Banggalah terhadap dirimu sendiri, walaupun memang tak ada yang menyukai. Kadang, mereka itu membenci karena mereka tak mampu menjadi seperti dirimu.