Cuaca dan Iklim

cuaca dan iklim

Cuaca dan Iklim, Hai sahabat teropong pelajar, Nah pada kesempatan kali ini Kami akan membagikan sebuah artikel yang berkaitan dengan pelajaran geografi. Pada kesempatan sebelumnya kita telah membahas mengenai Klimatologi. Sekarang adalah lanjutannya nih yaitu tentang cuaca dan iklim. Sebelum kita membahas lebih lanjut, sobat harus tahu dulu apa sih pengertian dari cuaca dan iklim. Menurut Wikipedia cuaca adalah sebuah aktivitas fenomena dalam waktu beberapa hari, sedangkan iklim adalah kondisi rata-rata cuaca berdasarkan waktu yang panjang untuk suatu lokasi di bumi atau planet lain. Baik karena sobat sudah mengetahui pengertian dari cuaca dan iklim. Langsung saja ke inti pembahasannya.

Ketika kita menyatakan hari ini panas sekali, atau hari ini sangat sejuk, dingin dan basah, maka sesungguhnya kita sedang mengungkapkan atau mengekspresikan tentang keadaan kualitatif cuaca pada saat atau hari itu. Atau dengan kata lain kita telah mengungkapkan keadaan fisik atmosfer sesaat atau dalam jangka waktu yang pendek. Jadi dapat disimpulkan pula bahwa cuaca adalah keadaan atau nilai sesaat dari atmosfer serta perubahan dalam jangka pendek (jam atau hari) di suatu tempat tertentu di permukaan bumi. Sebagai contoh rata-rata keadaan cuaca di kota Mataram pada siang hari tanggal 24 Agustus 2006 adalah: suhu udara 29oC, kelembaban udara 75%, tekanan udara 997,1 mb, kecepatan angin 2 ms-1. Iklim adalah keadaan dari perubahan nilai unsur-unsur cuaca dalam jangka panjang pada suatu wilayah. Contoh: data curah hujan dan evaporasi dan variasi hujan tahunan.

Unsur-unsur cuaca atau iklim meliputi: radiasi surya,suhu udara, kelembaban udara, tekanan udara, kecepatan dan arah angin, awan, presipitasi (embun, hujan, dan salju), evaporasi/evapotranspirasi. Unsur-unsur ini berbeda dari tempat ke tempat dan dari waktu ke waktu.

Nah itulah penjelasan lengkap dari cuaca dan iklim, semoga artikel ini dapat membantu atau pun menambah wawasan kita untuk mengetahui fenomena-fenomena yang terjadi di bumi kita ini. Jangan lupa Share artikel ini ke teman-teman kalian agar teman kalian juga dapat mengetahui apa yang kita ketahui. Sekian dan terima kasih see you again and have a nice day.

Banggalah terhadap dirimu sendiri, walaupun memang tak ada yang menyukai. Kadang, mereka itu membenci karena mereka tak mampu menjadi seperti dirimu.