16 Tips cara hidup bahagia

Semua orang di dunia ini tentu mendambakan hidup bahagia. Segala cara yang berbeda-beda dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut. Akan tetapi, terkadang ada orang yang salah kaprah dalam mencapai tujuan hidup sehingga justru yang tujuan awalnya menempuh kebahagiaan dalam hidup malah terjerumus ke hal yang buruk.

cara hidup bahagia

Sebenarnya hidup bahagia itu mudah, kita bisa mulai dari hal-hal yang kecil. Misalnya memberikan senyuman kepada orang lain, itu merupakan salah satu hal yang dapat membuat anda bahagia karena selalu berdamai sekaligus ber silaturrahmi dengan orang lain. Hidup ini mudah asalkan anda mau mematuhi aturan. Terkadang orang yang hidupnya kurang bahagia sebenarnya tidak sepenuhnya mematuhi aturan atau justru mempersulit diri dalam menjalankan hidup ini.

Lihat juga: 9 cara ampuh meningkatkan percaya diri dalam hitungan detik

Untuk itu jadilah pribadi yang mudah, jangan anda selalu mempersulit diri dalam hidup ini. Belajar bagaimana untuk hidup lebih baik dan merasa lebih positif tentang dunia di sekitar anda sehingga dapat membantu Anda hidup bahagia dan bermakna. Berikut ini kami sajikan beberapa tips hidup bahagia, silahkan simak penjelasan berikut ini.

1. Meningkatkan rasa percaya diri Anda: Anda akan lebih mampu untuk mengejar hal-hal yang Anda inginkan jika Anda memiliki kepercayaan diri yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan hidup anda. Meningkatkan rasa percaya diri Anda sehingga Anda akan merasa lebih baik dan dapat menjalani hidup dengan bahagia. Hindarilah rasa kurang percaya diri anda karena hal itu akan mempersulit diri anda dalam menjalani hidup.

2. Membangun harga diri Anda:  Belajarlah untuk mencintai diri sendiri dan merawat diri sendiri. Ini adalah salah satu bagian yang paling penting dari hidup bahagia. Bahkan jika Anda memiliki sedikit harta benda, Anda bisa bahagia jika Anda mencintai diri sendiri dan senang dengan siapa Anda dan di manapun Anda berada. Merenungi setiap kesalahan Anda dan berusaha memperbaikinya karena setiap orang tentu mempunyai kesalahan walapun sangat kecil. Karena di dunia ini tidak ada yang sempurna.

3. Abaikan pembenci atau haters:  Akan selalu ada orang-orang yang tidak suka dengan anda, entah karena kesuksesan anda, sifat anda dan lain sebagainya. Anggaplah orang-orang yang membenci anda sebagai fans anda yang selalu mengoreksi diri anda. Abaikan saja semua perkataan dan tanggapan yang negatif tentang diri anda. Lama kelamaan pasti mereka akan bosan dengan pekerjaannya. Jadi anggaplah haters anda sebagai angin lewat saja, jangan memikirkan apapun soal mereka.

4. Beri diri Anda apa yang Anda butuhkan: Melakukan hal-hal untuk membuat diri Anda bahagia. Biarkan diri Anda memiliki sesuatu yang istimewa. Fokus pada sisi fisik, spiritual, dan emosional Anda. Jangan begitu terfokus pada salah satu agar anda tidak mengabaikan yang lain. Cobalah untuk berhubungan dengan hal-hal yang membuat Anda bahagia dan kemudian melakukan hal-hal yang tentu juga dapat membuat anda bahagia juga.


5. Menghormati orang lain: Dalam hidup ini kita saling membutuhkan satu sama lain, ada kalanya kita membutuhkan dan ada kalanya pula kita dibutuhkan. Jadi, saling menghormati antar sesama merupakan suatu tanda kebahagian yang terjalin antara anda dan orang lain. Ingat, jika anda menghormati orang lain, orang lain pun akan menghormati anda pula.

6. Membantu orang lain: Dalam hidup ini kita adalah makhluk sosial yang saling membutuhkan satu sama lain. Jika anda ingin meningkatkan kebahagian dalam hidup anda adalah dengan membantu orang lain. Tentu itu merupakan suatu kebahagian sebagai makhluk sosial yang akan membuat hubungan anda dan orang lain semakin baik. Jika anda membantu orang lain, maka orang lain pun akan mudah untuk membantuk anda dalam kesulitan yang anda hadapi, itulah indanya hubungan baik.

7. Selalu berpikir positif: Cobalah untuk menanggapi hal-hal yang ada disekitar anda dengan tanggapan yang posisitf.  Misalnya jangan iri melihat keberhasilan orang lain, jadikan keberhasilan orang lain sebagai motivasi anda untuk dapat meraih tujuan anda. Jangan sampai muncul pikiran negatif pada diri anda karena hal tersebut sama saja akan membuat anda terjerumus kedalam hal yang buruk.

8. Menyampaikan/berkomunikasi: Komunikasi adalah kunci untuk kebahagiaan sosial. Ketika seseorang menyakiti Anda atau tidak suka dengan anda, itu biasanya karena miskomunikasi. Ketika Anda merasa diabaikan atau persahabatan Anda menderita, itu karena anda kurang komunikasi dengan mereka. Membuat diri anda selalu berkomunikasi dengan setiap orang akan lebih membantu anda dalam menjalin sebuah hubungan baik dengan seseorang.

9. Membuka diri untuk menerima pengalaman: Jika Anda ingin mencari karir, langkah pertama yang baik adalah untuk mencari tahu apa yang membuat Anda bahagia. Tapi kadang-kadang kita tidak tahu apa yang membuat kita benar-benar senang karena belum pernah mencoba sebelumnya. Membuka diri untuk pengalaman baru merupakan pilihan yang tepat untuk anda sehingga anda bisa tahu kemampuan dan potensi yang tersimpan di dalam diri anda.

10. Mengikut gaya hidup anda: Setiap orang tentu mempunyai gaya hidup yang berbeda-beda. Nah, cobalah anda ikuti gaya hidup anda seperti hobi dan minat yang anda sukai. Dengan mengikuti hobi dan minat, maka anda akan lebih mudah dalam menemukan karir. Contonya saja jika anda hobi main musik, maka anda akan sangat menikmati hobi tersebut dan akan terus berusaha mengembangkannya karena itu adalah gaya hidup anda. Jadi dengan itu anda berkesempatan menjadi seorang pemain musik terkenal di sebuah band. Dengan menjalani dan menikmati gaya hidup, maka anda akan bahagia dalam hidup.

11. Cari tahu bagaimana untuk sukses: Cari tahu apa yang perlu Anda lakukan untuk mendapatkan karir yang Anda inginkan dan kemudian bekerja untuk melakukan itu.

12. Terus melangkah: Terus, terus bekerja dengan cara anda, dan tidak pernah menyerah. Terus memberi diri tujuan baru. Hal tersebut bertujuan supaya anda tidak mudah bosan dengan perkerjaan anda, selalu mencari yang baru merupakan keputusan yang baik sehingga anda akan lebih terpacu mengembangkan potensi. Sehingga dalam hidup anda menikmati prosesnya dan hidup anda menjadi bahagia.

13. Belajar keterampilan baru: Memaksimalkan kesenangan Anda, hidup Anda dengan belajar untuk melakukan sesuatu yang Anda nikmati dan membuat diri Anda dapat dibanggakan. Setiap orang memiliki sesuatu yang mereka selalu ingin pelajari bagaimana melakukannya. Jika anda masih punya kesempatan ... jadi mengapa Anda tidak melakukannya? Memanfaatkan waktu anda dengan mengejar hal-hal yang ingin Anda lakukan.

14. Berolahraga: Hal ini tentu mengarahkan anda kepada kesehatan fisik. Jika fisik anda selalu sehat maka anda dapat menikmati hal-hal yang dapat membuat anda bahagia. Jadi, menjaga kesehatan itu penting dan sehat adalah sala satu kebahagian dalam hidup.

15. Memanfaatkan kesempatan saat ini: Mengambil peran aktif dalam hidup Anda, mengambil inisiatif dan peluang. Ini akan memberi Anda kesempatan untuk menjelajahi segala sesuatu yang ditawarkan kehidupan. Ragu terlalu banyak, dapat membuat anda  Anda hanya akan melewati hidup berlalu begitu saja. Jadi hilangkan rasa ragu pada diri anda, manfaatkalah waktu sekarang dengan baik, jangan biarkan lewat begitu saja.

16. Rajin ibadah: Mendekatkan diri kepada tuhan yang maha Esa merupakan sesuatu yang tidak dapat ditinggalkan jika ingin bahagia dunia akhirat. Dengan rajin ibadah maka kita telah mendekatkan diri kepada sang pencipta.

Lihat juga: 18 Cara hidup hemat dengan langkah mudah

Itulah 16 cara hidup bahagia yang dapat anda lakukan, semoga dalam kehidupan ini kita tidak salah dan tidak mudah terjerumus ke dalam hal yang buruk, semoga kita selalu dalam kebahagiaan, sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat buat anda.

Banggalah terhadap dirimu sendiri, walaupun memang tak ada yang menyukai. Kadang, mereka itu membenci karena mereka tak mampu menjadi seperti dirimu.